Mengembalikan data yang kena Virus

Sebelum membaca artikel ini anda di haruskan membaca Terms an Coditions dari artikel ini :
1. Data yang hilang disebabkan karena ulah virus bukan karena ulah anda yang melakukan shift+del pada data anda.
2. Menggunakan OS Windows
3. Untuk yang masih awam menggunakan Aplikasi Command Prompt diwajibkan menu Folder Options pada Windows Explore masih dapat di jalankan
Jika anda setuju dengan terms and conditions di atas silahkan lanjut ke paragraph 2, jika tidak tekan Alt+F4 pada keyboard anda.

Misi utama dari virus memang menghilangkan data dan bikin komputer jadi lemot alias over action, dan yang perlu di garis bawahi dari kata-kata diatas adalah data hanya hilang bukan terhapus. Sebagai ilustrasi, penulis mencoba untuk menghapus file bernama test.txt, dan apa yang terjadi setelah penulis menekan tombol del, terjadinya penampakan berupa kotak konfirmasi penghapusan yang berbunyi “apakah kamu yakin mau mindahin test.txt ke tong sampah” disertai dengan tombol “Ya” dan “Tidak”. Dari ilustrasi di atas dapat diambil kesimpulan: dibutuhkannya aksi dari user untuk menghapus data, jadi virus tidak mungkin menggunakan cara ini untuk menghilangkan data.

Virus melakukan penghilangan data dengan perintah dos yang tidak membutuhkan aksi dari user untuk menekan tombol “Ya” atau “Tidak”, untuk mencobanya anda dapat menggunakan command prompt, misal anda ingin menghilangkan test.txt yang ada pada drive C:

“attrib +h +s c:\test.txt”(tanpa tanda kutip) kemudian tekan enter

Untuk melihat apa yang terjadi dari hasil eksekusi perintah tadi buka Windows Explore dan cek di drive C anda apakah anda dapat menemukan file bernama test.txt (pastinya enggak dong). Lalu bagaimana cara mengembalikannya?Ada 2 cara :

Cara #1
klik kanan pada tombol Start --> Explore --> Tools --> Folder Options --> pilih tab view -->pilih show hidden files and folders -->hilangkan centang pada Hide protected operating system files(Recommended) dan klik Ok atau tekan enter

sekarang buka Windows Explore dan lihat test.txt pada drive C Data anda pun dapat terlihat kembali, jangan heran jika terdapat banyak folder dan files yang timbul itu bukan sampah juga bukan virus, itu adalah files and folders system penting yang diperlukan oleh OS agar dapat beroperasi dengan normal jadi anda jangan pernah menghapus files and folders tersebut, namun cara ini hanya bisa digunakan untuk mencari data yang disembunyikan tidak bisa menghilangkan status data secara normal karena fungsi hidden file pada data di disable oleh sistem.

Cara #2
Klik Start --> All Program --> Accessoris --> Command Prompt
Ketikan perintah :
“attrib –h –s c:\test.txt” (tanpa tanda kutip) tekan enter

Dengan menggunakan rangkaian proses diatas dapat dijamin data anda akan kembali seperti semula, sebaiknya anda menggunakan cara #2 karena cara tersebut lebih aman dan efektif.

Selamat Mencoba
Powered By Blogger