Portable USB WriteProtector



Sebelumnya saya pernah menuliskan tentang bagaimana membuat sebuah USB flash drive atau flashdisk menjadi read only, hanya dapat dibaca saja dan tidak dapat ditulis. Kita bisa meng-copy file dari flashdisk tetapi tidak dapat meng-copy ke flashdisk. Cara yang diterapkan pada tulisan sebelumnya adalah secara manual dengan mengedit registry, begitu juga saat membuka proteksinya.Sepertinya, cara kerja itulah yang diterapkan oleh USB WriteProtector dengan menyediakan pilihan ON dan OFF untuk membuat flashdisk read only dan membuka proteksinya.


Ketika akan membuat flashdisk read only jalankan USB WriteProtector (dengan menjalankan file UsbWriteProtect.exe), dan set ke USB write protection ON. Baru setelah itu masukkan flashdisk-nya, dan jika sebelumnya sudah terpasang pun harus dicabut terlebih dahulu baru dicolokkan kembali. Dan ketika akan membuka proteksi read-only, set ke USB write protection OFF dan ini pun akan berpengaruh ketika pada pencolokkan flashdisk berikutnya.

Karena sifatnya portable, aplikasi ini dapat dibawa dan dijalankan dari flashdisk. Bagaimana jika komputer yang akan digunakan sudah terinfeksi virus yang melakukan penyebaran melalui media flashdisk? Ketika memasukkan flashdisk, kemungkinan flashdisk akan terlebih dahulu terinfeksi, dan software ini tidak dapat berbuat apa-apa atau bahkan bisa jadi turut terinfeksi pula.
via Softpedia
Powered By Blogger