Sejumlah Ruas Jalan Baru Di Bangun Di Kota Tomohon


Guna mengurangi kepadatan kendaraan yang melintas di jalan utama kota Tomohon, Pemkot saat ini sedang membangun jalan-jalan alternatif. Lokasinya tersebar di beberapa kelurahan. Mulai dari Kolongan, Woloan, Talete hingga Kakaskasen. Selain itu, ruas jalan lingkar timur dari Kaaten sampai Kinilow, saat ini sedang diperlebar. Kelak kendaraan umum dari arah Tondano yang akan ke Manado dapat melewati jalan ini. Begitu juga sebaliknya.
Menurut pantauan tomohononlline, beberapa jalan tersebut sudah dapat dilalui dengan nyaman, seperti jalan dari perempatan walian menuju Polres Tomohon dan kantor Kejaksaan Negeri Tomohon, yang sudah diaspal hotmix.
Di ruas jalan lingkar timur, terdapat beberapa jalan penghubung. Yaitu jalan penghubung ke Polsek Tomohon di kelurahan Talete, jalan ke Bukit Inspirasi dan yang akan tembus ke Kakaskasen. Semua jalan tersebut sudah layak dilalui karena sudah diaspal.
Mengurangi Kemacetan
Dengan adanya jalan-jalan alternatif ini, maka kepadatan lalu lintas di jalan utama Tomohon akan berkurang. Sebagi contoh, untuk menghindari kemacetan di pusat kota, kendaraan dari arah Tondano yang akan ke Manado, dapat memanfaatkan jalan lingkar timur. Sedangkan kendaraan dari arah selatan yang akan ke arah barat seperti Woloan, Tara-Tara sampai Tanawangko, dapat mengambil route melawati Kantor Kejaksaan, atau Kantor Walikota yang baru. Dan untuk kendaraan yang akan menuju ke Manado dapat melalui jalan yang melewati lembaga pemasyarakatan dan jalan di belakang RS Gunung Maria.
Objek Wisata
Perhentian ke 13 Jalan Salib, di Bukit Doa Kakaskasen.
Selain digunakan untuk jalan alternatif, jalan lingkar timur dan barat juga memiliki potensi wisata. Di lingkar barat, yang menghubungkan kelurahan Tumatangtang, Kampung Jawa, Pinaras, Woloan dan Kayawu, terdapat pemandangan alam perkebunan. Sedangkan jalan dari Woloan menuju Kayawu, terdapat pemandangan persawahan dan gunung Lokon yang sangat indah.
Jika di lingkar barat ada pemandangan alam, maka di lingkar timur terdapat lokasi wisata religius, bukit doa. Tempat Wisata yang hampir rampung dibangun ini, milik dari Taipan Kota Tomohon, Ronald Korompis yang juga pemilik Sekolah bertaraf internasional SMA Lokon. Di tempat ini, para wisatawan dapat melakukan prosesi Jalan Salib. (joudy/tommy)

No comments:

Post a Comment

Powered By Blogger